Selasa, 10 Februari 2015

South Africa Leaf alias Daun Afrika Selatan

Daun Afrika Selatan
Rasa penasaran dan keingintahuan selama hampir lebih 7bulan terakhir terobati dan terpenuhi sudah.Berawal dari sebatang pohon yang tumbuh subur di halaman depan rumah,Pohon tersebut  tumbuh dari sisa2 akarnya yang tertingal didalam tanah  akibat dari bibit induknya di cabut untuk di pindahkan oleh pemiliknya.Pertumbuhan pohon tersebut sangat cepat dalam rentang waktu sekitar 7bulan tumbuh tinggi hingga mencapai sekitar 2setengah meterdan ketika di potong dipangka batangnya dalam waktu hanya 3minggu tumbuh anakannya lebih banyak.Menurut pemilik sebelumnya pohon itu adalah pohon obat untuk berbagai macam penyakit seperti diabetes, kencing manis hipertensi asam urat dan lainnya tapi sang pemilik tidak tahu apa nama pohon tersebut begitu pula ketika saya tanyakan ke petukang yang sedang memasang keramik dirumah cuma tahu bahwa pohon tersebut berkhasiat untuk pengobatan diabetes dan melancarkan buang air kecil tanpa tahu nama pohon itu.Pernah suatu hari saya main ke rumah kerabat yang kebetulan di rumahnya terdapat pohon yang sama,beliau juga bilang bahwa pohon tersebut sebagai pohon berkhasiat tanpa tahu namanya hanya menyebutkan pohon tersebut berasal dari hongkong!!!lol dari hongkong saya cuma tersenyum dalam hati teringat iklan sebuah mie instan.Entah sudah berapa orang yang saya tanyai tentang pohon ini jawabnya sama pohon obat tanpa tahu namanya.Aneh saya pikir,beberapa kali saya cari info di  search image google dengan kata kunci pohon obat herbal akhirnya saya temukan di page bagian bawah sebuah gambar daun yang mirip,setelah saya telusuri ternyata pohon itu bernama South Africa Leaf alias Daun Africa Selatan sebuah nama pohon yang cukup unik.Pohon ini konon di Tiongkok sudah sejak lama di kenal sebagai pohon obat untuk kalangan elit kerajaan,dalam bahasa China pohon ini bernama Nan fei shu sangat masuk akal bila pohon ini disebut pohon dari hongkong lol..Dari hasil penyusuran di internet dan membaca pengalaman orang yang pernah memanfaatkan daun afrika selatan ini  tampaknya pohon ini memang cukup mujarab sebagai obat herbal walaupun belum ada penelitian secara ilmiah hanya dari pengalaman pengunanya saja.Sepertinya di indonesia pohon ini masih belum di kenal luas,berharap semakin banyak orang indonesia yang mengenal pohon ini dan memanfaatkannya sebagai obat herbal.
Dipotong di pangkal dahan malah tumbuh semakin banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar