Sabtu, 07 Februari 2015

Menanam Bunga Asoka

Kuncup Sebelum Mekar
Bunga ini mudah di temui  dimedian jalan tempat saya tinggal atau dihalaman rumah tetangga,berbunga hampir sepanjang tahun berwarna merah orange sangat indah.Salah satu bunga yang digunakan untuk berziarah atau upacara kematian bersama bunga kenangga bunga sedap malam dan bunga mawar.Walaupun banyak dipakai oleh masyarakat bunga ini nilai ekonomisnya kurang tinggi tidak ada pedagang bunga yang secara khusus menjual bunga ini dan kalaupun harus membeli harganya sangat murah juga harus memetik  sendiri dari pohonnya biasanya itu terjadi di musim kemarau saat pohon asoka berbunga sedikit ,saya pun sebenarnya tidak begitu tertarik untuk menanam bunga ini.
Warna Lebih Gelap
Tapi ketika saya menemukan sebuah pohon asoka berbunga dengan warna yang sedikit berbeda dengan bunga asoka lainnya saya pun tertarik menanamnya.Walaupun secara fisik sama tapi jika diperhatikan warna  bunganya lebih gelap dan  bentuk kuncup bunga sebelum mekar lebih kuat terlihat lebih kokoh.Dan ternyata untuk menanam nya cukup mudah caranya dengan cara stek batang pohon yang agak tua dipotong  kemudian buang daunya sisakan beberapa helai daun kemudian tancapkankan di tanah usahakan tanah dalam kondisi lembab atau di tanam ketika musim hujan.Sebulan kemudian kuncup2 daun mulai tumbuh sangat mudah sekali diluar perkiraan saya padahal saya sudah mencangkok sebagai persiapan jika penanaman secara stek gagal,mudah mudah beberapa bulan kedepan segera berbunga untuk mempercantik halaman rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar